RSS

 Iklan, Slogan, dan Poster - Iklan adalah suatu kegiatan penyebaran informasi kepada khalayak untuk menawarkan barang atau jasa yang dimiliki agar dikenal secara luas menggunakan media tertentu baik secara online maupun offline. Iklan biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang strategis dan dibuat sedemikian rupa sehingga menarik masyarakat disekitarnya.

Teks Iklan adalah suatu teks yang berisi pesan yang  menawarkan suatu produk atau jasa yang ditujukan oleh suatu masyarakat melalui suatu media.

Slogan adalah kata-kata atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi dan sebagainya. Biasanya slogan sering disebut motto atau semboyan/pedoman. Slogan umumnya dibuat dengan mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Poster adalah suatu karya seni grafis yang berupa perpaduan huruf dan angka yang ukurannya relatif besar untuk memberikan informasi kepada khalayak. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak, namun iklan lebih komersial sedangkan poster tidak semuanya bersifat komersial.

 IKLAN, SLOGAN, dan POSTER

A. Ciri-CiriIklan, Slogan, dan Poster

 


B. Macam-macam Iklan,Slogan, dan Poster

Macam-macam Iklan

a. Macam-macam iklan berdasarkan tujuannya:

1.    1. Iklan niaga: sifatnya mempengaruhi masyarakat sehingga masyarakat menjadi tertarik untuk membeli dan memiliki barang atau jasa yang diiklankan.

2.   2. Iklan non-niaga: sifatnya menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat simpati atau mendukung hal yang diiklankan.

b. Macam-macam iklan berdasarkan sifatnya:

1.   1. Iklan penawaran: biasanya berupa iklan niaga yang berisi penawaran suatu barang atau jasa agar masyarakat mau membeli dan mengonsumsinya.

Contoh: iklan tentang barang (chasing/voucher hp); dan jasa (kursus mengemudi/music)

2.     2. Iklan pengumuman: biasanya berupa iklan non-niaga yang berisi pemberitahuan mengenai suatu hal kepada masyarakat dan menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Contoh: iklan pengumuman tentang lelang 

3.     3. Iklan keluarga: biasanya berupa iklan non-niaga yang berisi pemberitahuan suatu hal    – biasanya berupa kematian, kelahiran, pernikahan – sebuah keluarga kepada masyarakat.

Contoh: iklan keluarga tentang berita duka/meninggal dunia 

kl  4. Iklan permintaan: biasanya berupa iklan non-niaga yang berisi permintaan pembuat iklan kepada masyarakat atau sebagian kecil masyarakat.  

Contoh: iklan permintaan yang berupa lowongan pekerjaan

 Macam – macam Slogan

1. Slogan Lingkungan Hidup adalah slogan yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

2. Slogan Pendidikan adalah slogan berkaitan dengan pendidikan yang berisi motivasi atau yang lainnya.

3.  Slogan Kesehatan adalah slogan yang berisi tentang pesan kesehatan.

4.  Motivasi adalah slogan yang bertujuan untuk memotivasi. 

Macam-macam Poster

a. Berdasarkan Isinya :

1. Poster Niaga, poster ini umumnya menawarkan produk suatu perusahaan.

2. Poster Kegiatan, poster ini menginformasi kegiatan kepada khalayak ramai.

3. Poster Pendidikan, poster ini ditujukan untuk hal-hal bertemakan pendidikan.

4. Poster Layanan Masyarakat, poster mengenai layanan umum pemerintah. 

b. Berdasarkan Tujuannya :

1. Poster Propaganda adalah poster yang memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

2. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.

3. Poster 'Dicari' atau "Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.

4. Poster "Cheescake“adalah poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll.

5. Poster Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.

6. Poster Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.

7. Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll. 

8. Poster Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut. Contohnya poster seminar dan lain-lain.

 9. Poster Kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.   

10. Poster Komersial adalah poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.

C. Unsur-Unsur Pembentuk Iklan

1. Sumber adalah pihak pemasang iklan yang berinisatif, dan sebagai penyandang dana dari pemasangan suatu iklan..

2. Pesan adalah segala informasi yang disampaikan kepada penerima. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.

3. Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.

4. Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.

5. Efek adalah dampak atau perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.

6. Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.

D. Struktur Teks Iklan

1. Judul, yakni bagian yang harus diletakkan dibagian paling atas agar dilihat pertama kali oleh orang, Namun tidak semua iklan mencantumkan judul.

2. Tubuh Iklan, yakni bagian yang berisi informasi produk yang ditawarkan, jasa, atau imbauan

3. Deskripsi atau justifikasi, yakni bagian yang memberikan penjelasan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis semenarik mungkin dan cara mendapat produk tersebut, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

E. Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

1. Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif bersifat mengajak/mendorong seseorang, artinya iklan bersifat mengajak para pembaca supaya tertarik untuk membeli sesuatu yang dipromosikan. Kalimat persuasif ditandai dengan kata, seperti: mari, ayo, dan kata ajakan lainnya.

Contoh kalimat:  

Yuk buruan cobain kenikmatan yang ada di dalamnya,  

Mari ikuti peraturan yang sudah berlaku di sekolah ini, dan

Ayo jaga lingkunganmu dari sarang penyakit.

2. Kalimat Imperatif

Dalam iklan terdapat kalimat imperatif, yang artinya bersifat menyuruh, larangan, ataupun perintah. Kalimat imperatif ditandai dengan kata, sepeti: seharusnya, hendaknya, jangan, dan kata yang berpartikel -lah.

Contoh Kalimat:   

Seharunya anda memilih barang tersebut terlebih dahulu,

Janganlah suka menghina satu sama lain!,

Buanglah sisa makanan itu ditempat sampah yang sudah disediakan!.

 
3. Kalimat Simpleks 
Kalimat Simpleks adalah kalimat yang tersusun atas satu predikat/kata kerja. Umumnya, iklan menggunakan kalimat simpleks supaya tidak terkesan bertele-tele dan membosankan.   

Contoh kalimat:

Kesegarannya tak tertandingi,

Rasanya bikin nagih, dan  

Nikmati sensasinya.

4. Kata berirama 
Kalimat berirama adalah pengulangan bunyi pada akhir kata.  

Contoh kata:

Orang itu keliatan pintar

Dia suka soal yang sukar

Sungguh kesegarannya

Tak pernah ada duannya

5. Kata Singkatan

Umumnya, kata singkatan terdapat pada iklan baris dan iklan kolom yang dipromosikan di media cetak, seperti: koran dan majalah. Fungsi dari kata singkatan adalah digunakan untuk menghemat ruang penulisan. 

Contoh kata: DJL (Dijual), Ls ( Luas),Yg (yang), CPT (Cepat).

6. Berkesan Positif

Teks iklan haruslah terkesan positif dihadapan pembacanya. Hal ini berguna untuk menarik perhatian pembaca, dengan menampilkan hal-hal positif pada produk. Tidak mungkin suatu iklan justru menjelekkan produknya sendiri, pastinya semua perusahaan yang membuat iklan akan memberikan kesan positif.  

 Demikian penjelasan pengertian, ciri-ciri, macam-macam, unsur, kaidah kebahasaan, dan struktur iklan, slogan, dan poster dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat, mohon maaf kalau masih ada kekurangannya. Jangan lupa ikuti terus materi-materi pada blog ini dan jadi follower setia kami. Thanks 4 atensinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS