RSS

1001 Fakta dan Opini

Perbedaan Fakta dan Opini - Assalamu 'Alaikum wr.wb. Selamat pagi para sohib guru dan adik-adik pelajar semua. Teks berita merupakan teks yang berisi laporan informasi yang aktual dan berdasarkan fakta yang penting, menarik, layak atau ingin diketahui oleh kebanyakan masyarakat Teks berita harus berdasarkan fakta bukan malah opini yang tidak berdasar. Karena itu kali ini saya akan share tentang beda fakta dan opini agar kita tidak salah dalam menafsirkan keduanya.

FAKTA  dan OPINI

 

fakta dan opini


Ciri-Ciri Kalimat Fakta

1. Memiliki Data Akurat

Dalam kalimat fakta, teman-teman cenderung bisa menemukan ada data yang jelas terhadap suatu peristiwa. Di dalam kalimat, data tersebut dapat berupa bilangan statistic, tanggal dan waktu kejadian, maupun hal lain yang telah terverifikasi.

Contoh: Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus terakhir pada 2010 mencapai lebih dari 237 juta jiwa.

2. Bersifat Objektif

Yang dimaksud objektif dalam kalimat fakta adalah pernyataan yang terdapat di dalamnya bersifat umum dan telah diakui kebenarannya oleh banyak pihak, khususnya oleh badan atau lembaga resmi.

Contoh: Berdasakan catatan Komnas Perempuan, angka kekerasan dalam rumah tangga pada 2015 meningkat sebesar 9 persen dibandingkan pada 2014. 

3. Benar-benar Terjadi

at dapat dianggap sebagai fakta jika pernyataan di dalamnya memaparkan situasi yang benar-benar terjadi. Benar-benar terjadi berarti kamu bisa melihatnya dengan mata kepala sendiri ataupun mendengar laporan beritanya dari orang yang berwenang.

Contoh: Sepeda motor tersebut menabrak seorang anak kecil yang tengah menyeberang jalan.

 


Ciri-Ciri Kalimat Opini

1. Mengandung Pendapat Pribadi ataupun Orang Lain

Yang namanya opini, berarti dalam kalimat tersebut kamu akan menemukan pendapat dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Dalam beberapa kasus, pada kalimat opini ditemukan pernyataan dari orang yang sudah terkenal sehingga terkesan sebagai fakta. Padahal, perkataan orang tersebut juga masih sebatas pendapat yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Contoh: Kapolsek menduga ada pihak yang sengaja membakar ruko-ruko di daerah Tangerang tersebut. 

2. Bersifat subjektif

Hampir sama dengan ciri pertama, ciri kedua dari kalimat opini adalah pernyataan yang dipaparkan dalam kaimat cenderung subjektif. Artinya, hal-hal yang dikemukakan hanya menurut salah satu pihak sehingga tidak bisa dikatakan netral.

Contoh: Saya yakin dia berselingkuh dengan pacar saya.

3. Memiliki Kata-kata yang Bersifat Relatif

Pada kalimat opini, kamu akan cenderung menemukan kata yang bersifat relatif. Yang dimaksud relatif di sini adalah kata atau frasa tersebut cenderung bisa berubah bergantung siapa yang mengucapkannya. Kata-kata yang termasuk relatif, di antaranya paling, lebih, agak, ataupun biasanya.

Contoh: Semakin mendekati hari pelaksanaan pemilihan kepala daerah, biasanya black campaign semakin gencar dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Kalimat yang Berjenis Fakta

1.    Obama pernah tinggal dan bersekolah di Indonesia

2.    Gempa berkekuatan 7,6 sr mengguncang Sumatra Barat

3.    Hak cipta merupakan hak seseorang atas hasil penemuannya atau ciptaannya yang dilindungi oleh undang – undang

4.    Penyaluran minyak goreng bersubsidi di Kalimantan tengah tahap  1,tersendat karena distributor dan agen kehabisan stok.

5.    Kepala bagian tata usaha dinas perindustrian dan perdagangan, Darius, kemarin melakukan peninjauan ke lokasi 

Contoh Kalimat yang Berjenis Opini

1.    Acara ini dilaksanakan agar kepedulian seluruh karyawan kepada masyarakat sekitar meningkat

Oobama tampaknya terus mengidentikkan dirinya dengan Kennedy

2.    Karakteristik tersebut berbeda dengan generasi tua yang umumnya enggan mengambil resiko dan cenderung kompromistis

3.    Walaupun obama menetap di Indonesia dalam bilangan sekejap, oleh berbagai pihak hal itu dianggap sangat berarti.

4.    Upaya pencarian korban yang tertimbun terus diupayakan

Demikian penjelasan pengertian, ciri, dan contoh fakta dan opini dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat, mohon maaf kalau masih ada kekurangannya. Jangan lupa ikuti terus materi-materi pada blog ini dan jadi follower setia kami. Thanks 4 atensinya.

 

 

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS