RSS

Tips Puasa Bugar dan Sehat



Tips Puasa Bugar dan Sehat - Assalamu’alaikum..sobat naya dimanapun berada.. pada kesempatan kali ini saya akan share cara berpuasa yang sehat. Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman kurang lebih empat belas jam setiap hari. Jadi, sebaiknya kita harus menjaga pola makan dan istirahat kita agar mampu menjalani puasa dengan aman dan nyaman. Berikut beberapa tips cara puasa sehat selama bulan Ramadhan ini.


Tips Puasa Bugar dan Sehat


1. Sahur penting ketika puasa
Banyak sekali orang yang terkadang meremehkan makan sahur atau bahkan malas menjalaninya, padahal manfaatnya sangat banyak untuk ketahanan tubuh kita. Pemilihan menu yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kerja tubuh selama seharian. Kita harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti ubi, jagung, singkong, roti gandum dan nasi merah. Hal tersebut dikarenakan makanan tersebut bisa membantu kita menahan kenyang lebih dari enam jam.

2. Jangan minum kopi dan soda
Minuman kopi dan softdrink yang bersoda bisa membuat kita sulit tidur dan menyebabkan timbunan lemak. Alangkah baiknya jika keduanya kita hindari dan menggantinya dengan air mineral 8 gelas per hari (2 gelas ketika berbuka puasa, 4 gelas setelah shalat tarawih dan 2 gelas ketika sahur) maupun jus buah.

3. Makan secukupnya dan tidak berlebihan
Ketika berbuka puasa sebaiknya kita mengonsumsi makanan seukupnya seperti teh hangat dan beberapa butir kurma. Kita juga boleh makan nasi ataupun hidangan yang lain namun jangan berlebihan dulu karena jika kita langsung mengonsumsi banyak makanan sekaligus bisa membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Jadi , makanlah secara bertahap supaya pencernaan kita tidak “kaget” dan bisa menyesuaikan.

4. Berolahraga teratur dan ringan
Ketika menjalankan ibadah puasa kita tidak harus menghentikan kegiatan olahraga. Kita bisa melakukan olahraga ringan saat malam hari, seperti berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit setelah shalat tarawih dan makan secukupnya. Ketika siang hari, batasi aktivitas di luar ruangan yang biasanya sangat panas. Jangan lupa juga kurangi aktivitas fisik agar tidak cepat lelah.

5. Jangan mengonsumsi makanan yang berminyak
Jajanan gorengan di pinggir jalan dan hidangan yang banyak mengandung minyak maupun santan kerap kali menjadi konsumsi kita ketika berbuka puasa, padahal makanan tersebut akan dapat membuat sel darah merah meggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen mejadi berkurang. Hal itu bisa megakibatkan kita akan mengantuk pada siang hari. Jadi kurangilah konsumsi makanan berminyak tersebut. 

6. Aturlah pola tidur yang baik
Selama berpuasa kita juga harus memperhatikan pentingnya pengaturan pola tidur yang baik karena dengan istirahat yang cukup maka kesehatan tubuh akan terjaga dan tidak akan mudah terserang penyakit.

7. Kurangi makan hidangan yang terlalu manis
Pada saat berbuka puasa memang dianjurkan untuk makan maupun minum hidangan yang manis untuk memulihkan energi, tapi alangkah baiknya jika kita tetap mengontrolnya secara cermat sehingga tidak berlebihan. 

8. Berusaha istiqamah dalam beribadah
Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan. Banyak sekali amalan ibadah di bulan suci ini yang nilai pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Beribadah secara istiqamah banyak sekali membawa manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Jadi sebagai muslim marilah kita berusaha istiqamah dalam beribadah agar Allah selalu memberikan kesehatan bagi kita, karena kesehatan adalah rezeki yang tak ternilai. 

Demikian sobat tips sehat saat puasa. Tak ada gading yang tak retak.. Semoga bermanfaat ya, mohon maaf kalau masih ada kekurangannya :-) Jangan lupa ikuti terus materi-materi pada blog kami ya dan please FOLLOW blog kami. Thanks 4 atensinya..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS