RSS

Macam-macam komposisi dalam pementasan drama


Macam-macam komposisi dalam pementasandrama - Drama merupakan salah satu jenis karya sastra yang berbentuk dialog yang dipertunjukkan di depan orang banyak atau dipentaskan. Dalam sebuah pementasan drama diperlukan pengaturan pemain ketika berada di atas panggung agar tidak terkesan kaku dan penonton tidak cepat jenuh dengan akting para pemain. Untuk itu sebelum mementaskan sebuah drama sang ‘sutradara’ dan para pemain wajib merencanakan dan memahami komposisi yang tepat sedang berada di pentas.

Komposisi merupakan pengaturan atau penyusunan pemain ketika berada di atas pentas. Komposisi digunakan untuk mengatur posisi, pose, dan tinggi rendah pemain dalam keadaan diam (statis). Pengaturan posisi pemain seperti ini dilakukan agar semua pemain di atas pentas dapat dilihat dengan jelas oleh semua penonton.
Komposisi pemain ada dua macam yaitu komposisi simetris dan komposisi asimetris yang ditata dengan mempertimbangkan keseimbangan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini.
  1. Komposisi smetris
Komposisi simetris adalah komposisi yang membagi pemain dalam dua bagian dan menempatkan bagian-bagian tersebut dalam posisi yang benar-benar sama dan seimbang. Jika digambarkan komposisi ini mirip cermin. Bagian yang satu merupakan cerminan bagian yang lain.
  1. Komposisi Asimetris
Komposisi asimetris tidak membagi pemain dalam dua bagian yang sama persis, tetapi membagi pemain dalam dua bagian atau lebih dengan tujuan memberi penonjolan (penekanan) bagian tertentu.
Dalam menata komposisi pemain di atas pentas hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah keseimbangan. Keseimbangan adalah pengaturan atau pengelompokan aktor di atas pentas yang ditata sedemikian rupa sehingga tidak menghasilkan ketimpangan. Hal ini diperlukan untuk memenuhi ruang dan menghindari komposisi aktor yang berat sebelah. Jika salah satu ruang dibiarkan kosong sementara ruang yang lain terisi penuh, maka hal ini akan menimbulkan pemandangan yang kurang menarik dan jika hal ini berlangsung lama, maka penonton akan menjadi jenuh.
Demikian sobat materi macam-macam komposisi drama. Semoga bermanfaat ya:-) Jangan lupa ikuti terus materi-materi pada blog kami ya dan jadi pengikut setia kami. Thanks 4 atensinya..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS