Iklan, Slogan,
dan Poster
- Iklan adalah suatu kegiatan penyebaran informasi kepada khalayak untuk
menawarkan barang atau jasa yang dimiliki agar dikenal secara luas menggunakan
media tertentu baik secara online maupun offline. Iklan biasanya dipasang ditempat-tempat
umum yang strategis dan dibuat sedemikian rupa sehingga menarik masyarakat
disekitarnya.
Teks
Iklan adalah suatu teks yang berisi pesan yang
menawarkan suatu produk atau jasa yang ditujukan oleh suatu masyarakat
melalui suatu media.
Slogan
adalah kata-kata atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan
(pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi dan sebagainya.
Biasanya slogan sering disebut motto atau semboyan/pedoman. Slogan umumnya
dibuat dengan mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.
Poster
adalah suatu karya seni grafis yang berupa perpaduan huruf dan angka yang
ukurannya relatif besar untuk memberikan informasi kepada khalayak. Poster
biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah,
kantor, pasar, mall dan tempat-tempat
keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak
masyarakat. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal
baru, atau hal penting kepada khalayak, namun iklan lebih komersial sedangkan
poster tidak semuanya bersifat komersial.
IKLAN, SLOGAN, dan POSTER
A. Ciri-CiriIklan, Slogan, dan Poster
B. Macam-macam Iklan,Slogan, dan Poster
Macam-macam
Iklan
a.
Macam-macam iklan berdasarkan tujuannya:
1. 1. Iklan niaga: sifatnya
mempengaruhi masyarakat sehingga masyarakat menjadi tertarik untuk membeli dan
memiliki barang atau jasa yang diiklankan.
2. 2. Iklan
non-niaga:
sifatnya menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat simpati atau
mendukung hal yang diiklankan.
b. Macam-macam iklan berdasarkan sifatnya:
1. 1. Iklan
penawaran:
biasanya berupa iklan niaga yang berisi penawaran suatu barang atau jasa agar
masyarakat mau membeli dan mengonsumsinya.
Contoh:
iklan tentang barang (chasing/voucher hp); dan jasa (kursus mengemudi/music)
2. 2. Iklan pengumuman: biasanya
berupa iklan non-niaga yang berisi pemberitahuan mengenai suatu hal kepada
masyarakat dan menyangkut kepentingan masyarakat luas.
Contoh:
iklan pengumuman tentang lelang
3. 3. Iklan keluarga: biasanya
berupa iklan non-niaga yang berisi pemberitahuan suatu hal – biasanya berupa kematian, kelahiran,
pernikahan – sebuah keluarga kepada masyarakat.
Contoh:
iklan keluarga tentang berita duka/meninggal dunia
kl 4. Iklan permintaan:
biasanya berupa iklan non-niaga yang berisi permintaan pembuat iklan kepada masyarakat
atau sebagian kecil masyarakat.
Contoh: iklan
permintaan yang berupa lowongan pekerjaan
Macam – macam Slogan
1.
Slogan Lingkungan Hidup adalah slogan yang berkaitan dengan lingkungan
hidup.
2.
Slogan Pendidikan
adalah slogan berkaitan dengan pendidikan yang berisi motivasi atau yang
lainnya.
3. Slogan Kesehatan adalah slogan
yang berisi tentang pesan kesehatan.
4. Motivasi adalah slogan yang bertujuan
untuk memotivasi.
Macam-macam
Poster
a. Berdasarkan
Isinya :
1. Poster Niaga, poster ini umumnya
menawarkan produk suatu perusahaan.
2. Poster
Kegiatan,
poster ini menginformasi kegiatan kepada khalayak ramai.
3. Poster
Pendidikan,
poster ini ditujukan untuk hal-hal bertemakan pendidikan.
4. Poster
Layanan Masyarakat,
poster mengenai layanan umum pemerintah.
b. Berdasarkan
Tujuannya :
1. Poster
Propaganda
adalah poster yang memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas
perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi
kehidupan.
2. Poster
Kampanye
adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat
dilakukannya pemilihan umum.
3. Poster
'Dicari' atau "Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang memuat orang
hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.
4. Poster
"Cheescake“adalah
poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock,
artis, penyanyi, dll.
5. Poster Film adalah poster
yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam
industri perfilman.
6. Poster Komik adalah poster yang
digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.
7. Poster
Afirmasi
adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll.
8. Poster Riset adalah poster
untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik
untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut. Contohnya poster seminar
dan lain-lain.
9. Poster Kelas adalah poster
yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar,
adapun juga poster tata tertib kelas.
10. Poster Komersial adalah poster
yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan
sesuatu.
C. Unsur-Unsur
Pembentuk Iklan
1. Sumber adalah pihak
pemasang iklan yang berinisatif, dan sebagai penyandang dana dari pemasangan
suatu iklan..
2. Pesan adalah segala informasi
yang disampaikan kepada penerima. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan
nonverbal.
3. Media adalah sarana
yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.
4. Penerima adalah individu
atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
5. Efek adalah dampak
atau perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap,
pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
6. Umpan balik adalah
tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya
dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.
D. Struktur Teks Iklan
1. Judul, yakni bagian
yang harus diletakkan dibagian paling atas agar dilihat pertama kali oleh
orang, Namun tidak semua iklan mencantumkan judul.
2. Tubuh Iklan, yakni bagian
yang berisi informasi produk yang ditawarkan, jasa, atau imbauan
3. Deskripsi
atau justifikasi,
yakni bagian yang memberikan penjelasan terhadap produk atau jasa yang
ditawarkan kepada masyarakat, ditulis semenarik mungkin dan cara mendapat
produk tersebut, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
E. Kaidah
Kebahasaan Teks Iklan
1. Kalimat
Persuasif
Kalimat
persuasif bersifat mengajak/mendorong seseorang, artinya iklan bersifat mengajak
para pembaca supaya tertarik untuk membeli sesuatu yang dipromosikan. Kalimat
persuasif ditandai dengan kata, seperti: mari, ayo, dan kata ajakan lainnya.Contoh
kalimat:
Yuk
buruan cobain kenikmatan yang ada di dalamnya,
Mari
ikuti peraturan yang sudah berlaku di sekolah ini, dan
Ayo
jaga lingkunganmu dari sarang penyakit.
2. Kalimat
Imperatif
Dalam
iklan terdapat kalimat imperatif, yang artinya bersifat menyuruh, larangan,
ataupun perintah. Kalimat imperatif ditandai dengan kata, sepeti: seharusnya,
hendaknya, jangan, dan kata yang berpartikel -lah.
Contoh
Kalimat:
Seharunya
anda memilih barang tersebut terlebih dahulu,
Janganlah
suka menghina satu sama lain!,
Buanglah
sisa makanan itu ditempat sampah yang sudah disediakan!.
3. Kalimat
Simpleks
Kalimat
Simpleks adalah kalimat yang tersusun atas satu predikat/kata kerja. Umumnya,
iklan menggunakan kalimat simpleks supaya tidak terkesan bertele-tele dan
membosankan.
Contoh
kalimat:
Kesegarannya
tak tertandingi,
Rasanya
bikin nagih, dan
Nikmati
sensasinya.
4. Kata berirama
Kalimat
berirama adalah pengulangan bunyi pada akhir kata.
Contoh
kata:
Orang
itu keliatan pintar
Dia
suka soal yang sukar
Sungguh
kesegarannya
Tak
pernah ada duannya
5. Kata
Singkatan
Umumnya,
kata singkatan terdapat pada iklan baris dan iklan kolom yang dipromosikan di
media cetak, seperti: koran dan majalah. Fungsi dari kata singkatan adalah
digunakan untuk menghemat ruang penulisan. Contoh
kata: DJL
(Dijual), Ls
( Luas),Yg
(yang), CPT
(Cepat).
6. Berkesan
Positif
Teks
iklan haruslah terkesan positif dihadapan pembacanya. Hal ini berguna untuk
menarik perhatian pembaca, dengan menampilkan hal-hal positif pada produk.
Tidak mungkin suatu iklan justru menjelekkan produknya sendiri, pastinya semua
perusahaan yang membuat iklan akan memberikan kesan positif.
Demikian penjelasan pengertian, ciri-ciri, macam-macam, unsur, kaidah kebahasaan, dan
struktur iklan, slogan, dan poster dalam bahasa Indonesia. Semoga
bermanfaat, mohon maaf kalau masih ada kekurangannya. Jangan lupa ikuti terus
materi-materi pada blog ini dan jadi follower setia kami. Thanks 4 atensinya.