RSS

Tips Mengendarai Sepeda Motor Jarak Jauh



Tips Mengendarai Sepeda Motor Jarak Jauh - Assalamu’alaikum..sobat naya dimanapun berada..Siapa sich yang ga suka bepergian alias travelling maupun touring saat liburan?! Pasti semua orang akan sangat peka untuk memanfaatkan liburan sebaik mungkin dengan jalan-jalan untuk sekedar refreshing maupun untuk mengobati kangen dengan sanak keluarga. Tapi yang penting untuk kita ketahui adalah kemanan dan kenyamanan selama berkendara di jalan. Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan agar perjalanan kita yang menyenangkan dan lancar-lancar saja. Berikut ini mari kita simak tips-tips aman mengendarai sepeda motor jarak jauh saat liburan ataupun mudik. 

touring, Sepeda Motor, mudik, lebaran, jarak jauh, luar kota

1.. Usahakan Kondisi Fisik selalu Prima
Ketika mengendarai sepeda motor dalam jarak jauh tentunya cukup menguras tenaga kita karena itu jagalah kondisi fisik kita agar selalu prima. Sebelum bepergian hendaklah kita istirahat yang cukup agar tidak mengantuk ketika di perjalanan. Hindari mengonsumsi makanan, minuman, dan obat-obatan yang mudah membuat kita mengantuk. Penting juga kita lakukan persiapan mudik secara bertahap dan terencana.
2. Pastikan Kondisi Sepeda Motor Bagus
Kendaraan yang nyaman merupakan hal utama dalam memperlancar perjalanan kita, oleh karena itu pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan seluruh peralatannya berfungsi dengan baik. Servislah kendaraan seminggu sebelum dipakai sehingga kita memiliki cukup waktu untuk adaptasi kembali dengan motor kita terutama bila dibutuhkan perbaikan lanjutan. Periksa juga kelengkapan standar motor yang meliputi kaca spion, kelistrikan, pengereman, kopling, dan juga kondisi ban apakah sudah berfungsi dengan baik.
3. Istirahatlah Jika Lelah atau Mengantuk
Ketika di perjalanan mulai timbul rasa kantuk maupun letih maka jangan memaksakan diri untuk meneruskan perjalanan. Banyak sekali peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat kelalaian pengendara yang terlalu memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan padahal kondisi tubuhnya tidak memungkinkan. Alasannya sangat klise yaitu karena sudah dekat dengan lokasi tujuan atau sudah mengonsumsi minuman yang bisa menguatkan stamina. Kita harus beristirahat setelah maksimum tiga jam nonstop perjalanan, istirahat kurang dari tiga jam setelah perjalanan akan lebih baik untuk jasmani kita.
4. Perluas Pengetahuan Rute yang dilalui
Lokasi tujuan yang akan kita tempuh tentunya melewati rute yang bermacam karakteristiknya, oleh karena itu kita harus tahu kondisi rutenya dengan mempelajari peta lokasi via google map maupun dengan bantuan GPS agar kita tidak tersesat. Tempat ibadah, pom bensin, dan rumah makan merupakan hal penting yang juga merupakan fasilitas umum yang  harus kita ketahui posisinya supaya perjalanan kita menjadi mudah dan lancar.
5. Letakkan beban yang dibawa dengan tepat
Ketika meletakkan barang-barang atau benda bawaan hendaklah memperhatikan posisi beban tersebut dan pengaruhnya pada gerak kendaraan bermotor kita. Kita harus bisa mengatur penempatan beban secara merata. Alangkah baiknya jika penyimpanan barang-barang bawaan kita itu diletakkan pada tempat khusus seperti side box, tail box, ataupun tank bag.
6. Pandai mengatur Pembonceng
Jika kita mengendarai sepeda motor dan membawa pembonceng maka usahakan agar ia memahami dan mau menuruti keinginan anda demi keselamatan dan kenyamanan. Jangan sampai ia membuat banyak masalah dengan menurunkan kaki seenaknya dari foot step maupun bergerak semaunya hingga mengganggu laju kendaraan sampai oleng. Aturlah posisi pembonceng agar selalu ke arah depan dari as ban belakang agar penumpang selalu dekat dengan pengendara. Jika kita membonceng anak kecil maka kita harus melengkapinya dengan helm maupun masker agar si kecil nyaman selama di perjalanan.
7. Berdoa dan Tawakkal
Berdoalah dahulu sebelum kita beraktivitas apapun terutama ketika akan melakukan perjalanan agar tidak ada hambatan, selamat, dan dimudahkan dalam perjalanan. Karena kondisi jalan, cuaca, dan peristiwa apapun kadang tidak bisa diprediksi. Kita harus berdoa, iktiar, dan menyerahkan segalanya kepada Allah SWT.
Demikian sobat cara aman mengendarai roda dua jarak jauh atau luar kota saat mudik atau liburan. Tak ada gading yang tak retak.. Semoga bermanfaat ya, mohon maaf kalau masih ada kekurangannya :-) Jangan lupa ikuti terus materi-materi pada blog kami ya dan please FOLLOW blog kami. Thanks 4 atensinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS