RSS

Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Bepergian


Tips Nyaman TinggalkanRumah saat Bepergian - Assalamu’alaikum..sobat naya dimanapun berada..Siapa sich yang ga suka bepergian alias travelling saat liburan?! Pasti semua orang akan sangat peka untuk memanfaatkan liburan sebaik mungkin dengan jalan-jalan untuk sekedar refreshing maupun untuk mengobati kangen dengan sanak keluarga. Tapi penting untuk kita ketahui jangan sampai kita lengan dengan keamanan rumah yang akan kita tinggalkan sementara selama mudik maupun liburan. Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan agar liburan kita yang menyenangkan tidak membawa kerugian nantinya. Berikut ini mari kita simak tips-tips aman tinggalkan rumah saat liburan ataupun mudik.  

mudik, liburan, traveling, jalan-jalan, lebaran
Liburan ke Monas


1. Saat akan bepergian pastikan kondisi rumah aman dari bahaya yang diakibatkan oleh kelalaian kita, misalkan dengan mencabut selang gas serta kompor, mematikan sementara PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan.
2. Usahakan jangan menyimpan barang atau benda berharga seperti uang tunai maupun perhiasan di dalam kamar maupun lemari. Alangkah baiknya uang maupun perhiasan itu kita simpan di bank atau kita gadaikan sementara demi keamanan.
3. Kondisi pintu maupun jendela rumah harus terkunci dengan aman. Hal tersebut akan lebih terjamin jika kita melengkapi tiap sudut ruang rumah kita dengan kamera pengintai tersembunyi (CCTV) maupun kita bisa pasang alarm di tempat tertentu yang kemungkinan besar akan disentuh oleh pencuri.
4. Kalau Anda memiliki binatang peliharaan, segera titipkan ke tempat penitipan hewan maupun saudara terdekat supaya binatang tersebut terawat dan tercukupi keperluan kesehariannya.
5. Jangan lupa mintalah tolong kepada tetangga terdekat untuk memeriksa rumah Anda secara rutin selama Anda bepergian, sekaligus minta bantuannya untuk selalu membersihkan rumah agar kelihatan terawat meskipun tidak berpenghuni. Karena pencuri tau betul rumah yang  tidak terawat kebersihannya biasanya tidak ada penghuninya.
6. Informasikan kepada sekuriti atau petugas keamanan setempat mengenai rencana liburan anda. Mintalah tolong kepadanya agar selalu berkeliling mengontrol kondisi rumah Anda.
7. Segera lapor kepada ketua RT/RW setempat tentang rencara bepergian Anda supaya ada kejelasan tentang ketidakberadaan Anda di rumah. Berikan nomor telepon HP dan pin BB yang bisa cepat dihubungi jika terjadi hal-hal darurat.
8. Gunakan lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya agar tidak menarik perhatian pencuri. Lampu tersebut lebih praktis karena Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikannya. Lampu itu akan menyala sendiri secara otomatis menjelang magrib.
9. Amankan berkas-berkas atau lembar berharga seperti ijazah maupun sertifikat rumah dengan cara scanning dan menyimpannya dalam bentuk softfile agar aman dari musibah kebakaran maupun banjir atau kebocoran.
Demikian sobat cara aman tinggalkan rumah saat mudik. Tak ada gading yang tak retak.. Semoga bermanfaat ya, mohon maaf kalau masih ada kekurangannya :-) Jangan lupa ikuti terus materi-materi pada blog kami ya dan please FOLLOW blog kami. Thanks 4 atensinya..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS