RSS

Contoh Naskah MC Pengantin Adat Jawa


Contoh Naskah MC Pengantin Adat Jawa - Assalamu’alaikum..sobat naya dimanapun berada.. pada kesempatan kali ini saya akan share contoh skrip yang biasa digunakan para MC ketika di acara prosesi serah-terima pengantin dalam adat Jawa. Pernikahan bagi setiap orang merupakan moment yang sangat berharga dan patut untuk dipersiapkan sesempurna dan sebaik mungkin. Segala sesuatu yang berkaitan dengan prosesi pernikahan pasti akan dibuat istimewa dan tak terlupakan, terkadang diperlukan juga seorang konsultan pernikahan agar hasilnya bisa memuaskan. Sebagian besar masyarakat kita tentunya masih memegang kuat adat istiadat yang merupakan warisan nenek moyangnya sehingga ketika akan menikah pasti banyak persiapan yang berkaitan dengan prosesi nikah yang berkaitan dengan adat daerah masing-masing. Salah satu prosesi sakral dalam adat pernikahan jawa ialah prosesi serah terima pengantin. Berikut ini mari kita simak contoh skrip MC saat prosesi serah terima pengantin dalam adat Jawa.


MC Pengantin Jawa, adat Jawa, Pernikahan adat Jawa, Prosesi serah terima, temu Pengantin


Assalaamu ‘alaikum  wr.wb

Bismillahirrahmaanirrahiim-Alhamdulillahirabbil ‘aalamiin-Ash-shalaatu was salaamu  ‘ala as rafil mursaliin-wa ‘ala alihi was shoh bihi aj.ma’iin.     Amma Ba’du :

Alhamduliullah…… kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.  atas limpahan ni’mat dan karunia, sehingga pada detik-detik bahagia ini kita dapat bermuwajahah dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Semoga kehadiran kita ini bisa menghadirkan manfaat dan maslahah, khususnya bagi kedua mempelai.

Bapak ……………. yang kami hormati, perkenankanlah kami memperkenalkan diri, bahwa saya ……………………… membawa amanat dari Bpk/Ibu ………………… sekeluarga, yang beralamat di ……………….

Pertama :  Menyampaikan salam ta’dhimipun Bpk/Ibu ………………………kepada Bapak……………………………… beserta ibu.

Kedua   :  Saya juga mendapat amanat untuk menyerahkan mempelai putra, Nanda : …………………………. Putra  Bpk/Ibu ……………………………
yang nantinya akan hidup bersama membangun keluarga Sakinah dengan  nanda : …………………… Putri Bapak/Ibu ………………………
dan pada kesempatan yang berbahagia ini,  sudah siap melaksanakan upacara resepsi pernikahan, walimatul Urs atau pesta perkawinan pengantin, sesuai dengan rencana keluarg.

Demikian  yang bisa kami sampaikan atas nama keluarga mempelai putra, ibarat “KACA PECAH JANGAN DISIMPAN DI DALAM LACI” adanya ucapan dan sikap yang salah, jangan dimasukkan kedalam hati.

Bil lahit taufiq  wal hidayah – Wassalaamu ‘alaikum wr.wb




Assalaamu ‘alaikum  wr.wb


Bismillahirrahmaanirrahiim – Alhamdulillahilladzi  at.’ama  ‘alaina bini’matil iman wal islam, wa huwa ‘idhomun ni’aam.  Amma  ba’du :

Kami ucapkan selamat datang dan rasa hormat yang setinggi-tingginya, kepada Bapak……………………………. beserta rombongan yang meluangkan waktu mengkurbankan tenaga untuk mengantarkan mempelai putra sampai di tempat in. Semoga berkah dan rahmat Allah SWT. selalu tercurah kepada kita semua.

Bapak ………………………………… dan hadirin-hadirat rohima kumullah. Kehadiran Bapak / Ibu sekalian kami terima dengan tangan terbuka dan hati gembira serta penuh kebahagiaan. Salam ta’dhim bapak/Ibu …………………………  kami terima, dan insya Allah akan kami sampaikan kepada Bpk/Ibu ………………………………. Yang berhak menerima.

Sedangkan pasrah Bapak,  Nanda : ………………… Yang siap melaksanakan acara Walimatul Urs / resepsi pernikahan sesuai dengan kesepakatan keluarga, sudah menjadi tanggung jawab kami, keluarga Bapak/Ibu ……………………

Selanjutnya, kami mohon dengan hormat Bapak-Ibu sekalian berkenan menyaksikan  sekaligus memberi do’a restu  kepada kedua mempelai, dan menempati tempat duduk yang telah disediakan, sampai acara selesai.

Cukup sekian yang bisa saya sampailan pada kesempatan ini ,  akhirnya :Masjid Al Akbar di kota Surabaya, apabila ada kata-kata yang kasar, mohon maaf yang sebesar-besarnya”.

Akhirul kalam -Billahit taufiq wal hidayah – Wassalaamu ‘alaikum  wr.wb


Demikian contoh naskah pembawa acara dalam pengantin Jawa. .. Tak ada gading yang tak retak.. Semoga bermanfaat dan berguna, mohon maaf kalau masih ada kekurangannya :-) Jangan lupa ikuti terus materi-materi pada blog kami ya dan please FOLLOW blog kami :-). Thanks 4 atensinya.

                                                            Reference by: Sanggar Seni MC“Darpita”

                                                                                                           Jl. Tambakwedi Baru 36-39 Surabaya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS